Home » » Mengembalikan GRUB BOOTLOADER Yang Hilang Di Linux Debian

Mengembalikan GRUB BOOTLOADER Yang Hilang Di Linux Debian


Mungkin rekan-rekan  pernah menginstal dual boot di komputer anda, kemudian salah satu sistem operasi perlu untuk di install ulang, kemudian grubnya hilang.
Bagaimana cara untuk mengembalikannya?

Masalah Pertama
1. Pertama instalasi Sistem operasi Windows di partisi ke 1
2. Selanjutnya install Debian di partisi ke 3.

Setelah instalasi Debian, menurut pengalaman maka ketika diinstall grub, maka menu untuk pilihan Windows tidak ada. Cara pemecahannya adalah:
#update-grub2
Perintah di atas secara otomatis akan mendeteksi sistem operasi yang ada di komputer, maka menu pilihan untuk Windows pasti sudah kembali.

Masalah Kedua
Ketika Windows nya mungkin bermasalah, maka anda memutuskan untuk install ulang Windows, maka setelah intaslasi selesai menu entri untuk Debian hilang (grub hilang). Untuk mengembalikannya caranya adalah:
Gunakan DVD1 Debian, kemudian boot dari CD-ROM, pilih menu RESCUE MODE
Ikuti proses seperti instalasi biasa, kemudian pada saat pilihan disk partition pilihlah disk tempat instalasi debian sobat misalnya  /dev/sda3 tatapi partisi yang root bukan yang swap.
Kemudian pilih menu reinstall grub boot loader lalu tekan enter setelah tekan enter tuliskan "/dev/sda" atau "/dev/hda"tanpa tanda patik setelah ditulis /dev/sda atau /dev/hda lalu enter. selanjutnya
Reboot komputer, maka grub sudah terinstall.
jika menu entri untuk pilihan boot ke Windows hilang lakukan langkah-langkah seperti pada Kasus 1.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba


Powered by Blogger.