1. Perintah yang digunakan untuk
mengubah kondisi komputer dalam keadaan low power adalah . . .
a. Stand by
b. Hibernate
c. Turn off
d. Start
e. Restart
2. Perangkat komputer yang digunakan
untuk mengatur konfiguri komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan
hacker, serta menyelamatkan data adalah . . .
a. Sistem Operasi
b. Program Aplikasi
c. Utility
d. Paket
e. Program Multimedia
3. Tiga unsur dalam komputer yaitu
hardware, software, dan brainware. Yang dimaksud dengan software adalah . . . .
a. Perangkat keras komputer
b. Perangkat lunak komputer
c. Pengguna komputer
d. Pelengkap komputer
e. Aksesoris komputer
4. Proses booting yang dilakukan
ketika komputer dalam keadaan hang / macet dinamakan . . .
a. Booting Dingin
b. Booting Panas
c. Reboot
d. Restart
e. Booting Panas Dingin
5. Program utama yang langsung
berinteraksi dengan bahasa yang dikenal oleh mesin komputer adalah . . .
a. Program Paket
b. Program Bantu
c. Program Multimedia
d. Sistem Operasi
e. Program Permainan
6. Apa kepanjangan dari BIOS . . . .
a. Bahasa Input Output Sistem
b. Base Interface Output Sistem
c. Bahasa Interface Or Syncrounuse
d. Basic Interface
e. Basic Input Output System
7. Assembly machine merupakan bahasa
pemrograman tingkat . . . .
a. Tingkat tinggi
b. Tingkat rendah
c. Tingkat menengah
d. Tingkat ke 4
e. Tingkat ke 5
8. Perangkat lunak berikut ini yang
termasuk sistem operasi adalah . . .
a. Assembly Machine
b. Bahasa C++
c. Unix
d. Visual Basic
e. Visual Fox Pro
9. Suatu program untuk memainkan
musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau
televisi disebut program . . . .
a. Jet Audio
b. Winamp
c. Pengolah kata
d. Microsoft media player
e. Multimedia
10. Program berikut yang termasuk
dalam program utility adalah . . .
a. AVG Anti Virus
b. Norton Anti Virus
c. CCleaner
d. Nero Express
e. Semua Jawaban Benar
11. Perintah yang digunakan untuk
mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi adalah . . .
a. Stand by
b. Restart
c. Turn Off
d. Hibernate
e. Start
12. Program yang digunakan untuk
mempermudah pengorganisasian kinerja hardware
adalah . . .
a. Hardware
b. Bahasa Pemrograman
c. Software
d. Program Multimedia
e. Program Bantu
13. Visual basic dan visual fox pro
merupakan contoh . . .
a. Sistem Operasi
b. Program Aplikasi
c. Program Bantu
d. Program Paket
e. Bahasa Pemrograman
14. Paket program yang digunakan untuk
mengolah presentasi adalah . . .
a. MS. Word
b. MS. Excel
c. MS. Power Point
d. Pascal
e. Visual Basic
15. DOS, Unix, Linux, Windows 95,
Windows 98, Windows 2000, dan Machintosh merupakan contoh . . .
a. Sistem Operasi
b. Program Aplikasi
c. Bahasa Pemrograman
d. Program Bantu
e. Program Paket
16. Berikut ini yang merupakan program
multimedia adalah . . .
a. Solitare
b. Counter Strike
c. Photoshop
d. Corel Draw
e. Winamp
17. Mandrake dan Mandriva merupakan
sistem operasi produk . . .
a. Microsoft
b. Apple
c. Novel
d. IBM
e. DOS
18. Berikut ini yang termasuk Midle
Language Program adalah . . .
a. Bahasa C++
b. Assembly Machine
c. Pascal
d. Borland
e. Visual Basic
19. Bahasa yang dipakai untuk membuat
program komputer adalah . . .
a. Bahasa Pemrograman
b. Program Aplikasi
c. Program Bantu
d. Program Paket
e. Program Multimedia
20. Suatu program yang dibuat untuk
penjualan di supermarket, termasuk . .
a. Open source
b. Sistem operasi
c. Perangkat lunak
d. Microsoft
e. Program aplikasi
21. Windows 95, Windows 98, Windows
ME, dan Windows XP merupakan produk . . .
a. Open source
b. Unix
c. Perangkat lunak
d. Microsoft
e. DOS
22. Pointer elektronik yang digunakan
untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen adalah . . .
a. Keyboard
b. Mouse
c. Touchpad
d. Light Pen
e. Joy Stick
23. Input device, process device, dan
output device merupakan bagian dari fungsi . . . .
a.
Processor
b.
Sistem
c.
Memory
d. Perangkat keras komputer
e.
Server jaringan
24. Unit masukan yang digunakan untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat adalah . . .
a.
Keyboard
b.
Mouse
c.
Touchpad
d. Light Pen
e. Joy Stick
25. Unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer disebut . .
a.
Processor
b.
Sistem
c.
Memori
d. Perangkat keras
e. Keyboard
26. Segala macam teknologi yang berhubungan dengan
komputer disebut….
a.
Teknologi komunikasi
b.
Sistem komunikasi
c.
Jaringan computer
d. Teknologi komputer
e.
Jaringan telekomunikasi
27. Komponen-komponen yang saling bekerja sama
membentuk suatu kesatuan disebut . . .
a.
Client
b.
Sistem
c.
Microsoft media player
d. Pengolah kata
e.
Server jaringan
28. Media yang digunakan sebagai penghubung antara
pengirim dan penerima untuk melintaskan isyarat adalah . . . .
a.
LAN
b.
MAN
c.
WAN
d. Internet
e. Media transmisi
29. Hubungan
dari dua buah simpul yang umumnya terdiri dari dua komputer atau lebih yang
digunakan untuk berbagi perangkat keras, berbagi perangkat lunak,dan untuk
pertukaran data disebut….
a.
Teknologi komunikasi
b.
Sistem komunikasi
c.
Jaringan komputer
d.
Teknologi komputer
e.
Jaringan telekomunikasi
30. Berikut
ini yang merupakan keuntungan dari inframerah adalah . . . .
a.
Jarak terbatas
b.
Dapat menembus dinding
c.
Harus ada lintasan lurus dari
pengirim dan penerima
d.
Tidak dapat digunakan diluar
ruangan
e.
Mudah dipindah-pindah
31. Media
transmisi tanpa kabel yang digunakan untuk komunikasi jarak dekat, biasa
digunakan pada televisi serta alat elektronik lain adalah . . . .
a.
Kabel pasangan terpilih
b.
Kabel kloaksial
c.
Inframerah
d.
Gelombang radio
e.
Semua jawaban benar
32. Berikut ini yang merupakan kelemahan dari
infrared adalah . . . .
a.
Tingkat keamanannya lebih tinggi
b.
Mudah dipindah-pindah
c.
Dapat menembus dinding
d.
Jarak terbatas
e.
Dapat digunakan diluar ruangan
33. Susunan komputer secara fisik dalam suatu
jaringan disebut . . . .
a.
Teknologi jaringan
b.
Topologi jaringan
c.
Internet
d. LAN
e.
Intranet
34. Topologi jaringan yang membentuk sebuah cincin
dinamakan topologi . . . .
a.
Ring
b.
Bus
c.
Star
d. Mesh
e. Tak beraturan
35. Berikut ini yang merupakan manfaat dari
penggunaan jaringan komputer adalah . . . .
a.
Bisa berbagi perangkat keras
b.
Bisa berbagi program
c.
Bisa berbagi data
d. Mendukung kecepatan berkomunikasi
e.
Semua jawaban benar
36. Contoh penerapan etika dalam penggunaan
perangkat lunak adalah . . . .
a.
Membeli software disertai lisensi
b.
Membeli software bajakan
c.
Mengcopy software tanpa lisensi
d. Menggunakan software tidak
disertai lisensi resmi
e.
Semua jawaban benar
37. Berikut ini yang merupakan contoh penerapan
etika dalam teknologi informasi dan komunikasi adalah . . . .
a.
Etika berkomunikasi melalui
internet
b.
Etika bergaul terhadap teman
c.
Sopan santun dalam berlalu lintas
d. Sopan santun terhadap orang tua
e.
Semua jawaban benar
38. Berikut ini yang bukan merupakan keunggulan
komputer adalah . . . .
a.
Mampu berakses dengan cepat dan
tepat
b.
Tidak mampu melakukan impoting dan
exporting
c.
Mampu memproses data menjadi informasi
d. Mampu menyimpan data dengan kapasitas besar
e.
Mampu melakukan exporting dan
importing
39. Suatu
aspek yang pertama kali diperhatikan dalam suatu kegiatan apapun, ketika
bekerja dengan komputer dinamakan . . . .
a.
HAKI
b.
Hak Cipta
c.
Hak Paten
d. Rahasia dagang
e. K3
40. Mengatur posisi tubuh pada saat menggunakan
komputer supaya terhindar dari . . . .
a.
Mata kemerah-merahan
b.
Mata biar sehat
c.
Resiko bekerja dengan komputer
d. Pengolahan data dengan perangkat
lunak yang resmi
e.
Bahaya radiasi